Rektor ITS: Tak akan Pernah Berhenti Optimalkan Upaya Mitigasi Bencana

Rektor ITS: Tak akan Pernah Berhenti Optimalkan Upaya Mitigasi Bencana Rektor ITS, Ir. Bambang Pramujati, ST, MSc, Eng, PhD. Foto: bangsaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember () Surabaya terus memberikan kontribusi terkait mitigasi bencana yang terbaik. Rektor Ir , ST, MSc, Eng, PhD, mengatakan bahwa sebagai institusi pendidikan mempunyai peran besar dalam upaya mitigasi bencana secara (segi lima yang melibatkan pemerintah, media, komunitas, akademisi, dan pengusaha).

berperan pada proses kajian dan edukasi tentang risiko bencana dan mitigasinya,” kata Ir , ST, MSc, Eng, PhD dalam acara dialog interaktif di luar studio kentongan, program acara Radio Republik Indonesia (RRI) Surabaya, di Gedung Rektorat Surabaya, Selasa (15/5/2024).

Menurut dia, melalui pembentukan Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) menunjukkan bahwa punya komitmen serius dalam mengkaji permasalahan ini.

Melalui hasil riset dari beragam keilmuan, tegas Bambang, Puslit MKPI memberikan ide-ide terkait perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana.

“Hasil kajiannya kemudian dipublikasikan dan dijadikan bahan acuan untuk sinergi penyelesaian masalah dengan pihak lainnya,” terang Bambang.

Bambang juga menjelaskan bahwa Tim Tanggap Bencana sudah dibentuk pada 2018. Bahkan pada saat awal didirikan, kata Bambagn, tim ini selalu berperan aktif untuk masyarakat, seperti saat tragedi gempa di Lombok tahun 2018. Tim ini terjun langsung di lokasi. Namun tim ini kemudian berubah nama menjadi satgas (satuan tugas) kemanusiaan yang juga membantu menangani pandemi Covid-19.

Bambang mengungkapkan bahwa kampus selalu menayangkan edukasi jika terjadi bencana. Misalnya menayangkan video petunjuk keselamatan. Bahkan di setiap gedung departemen serta unit kerja di tersedia petunjuk arah dan keselamatan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO