Kunjungan Kerja ke Bangkalan, Mentan Janji Tambah Pompa Air Lahan Pertanian

Kunjungan Kerja ke Bangkalan, Mentan Janji Tambah Pompa Air Lahan Pertanian Mentan RI Andi Amran Sulaiman saat kunjungan kerja di Bangkalan dalam rangka pompanisasi sebagai upaya akselerasi program perluasan areal tanam (PAT) tahun 2024.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia berjanji memberikan tambahan pompa air untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Bangkalan.

Bantuan pompa itu diutarakan langsung saat kunjungan kerja dalam rangka kegiatan pompanisasi di Bangkalan sebagai upaya akselerasi program perluasan areal tanam (PAT) tahun 2024.

"Saya lihat lahan persawahan di sini dekat dengan sungai, tapi sayangnya tidak ada yang mengalir ke persawahan, dibiarkan langsung ke laut," ungkap saat meninjau pipanisasi di Kelurahan Bancararan, Selasa (14/5/2024).

Melihat potensi itu, di hadapan petani dan pejabat daerah Bangkalan, ia menjanjikan tambahan 78 mesin pompa air supaya produktivitas pertanian tidak hanya mengandalkan tadah hujan.

"Kami akan segera kirim 78 pompa air untuk Bangkalan. Kalau hanya menunggu hujan, petani hanya bisa panen sekali setahun. Sumbernya dekat, petani bisa menanam padi meski tidak ada hujan," ujarnya.

Pihaknya, meminta danrem mengerahkan pasukan untuk membantu pemasangan pompa air yang akan dikirim. Sebab, permasalahan pangan bukan hanya tanggung jawab kementerian, namun juga TNI-Polri dan kejaksaan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO