Pesan Khofifah di Hari Buruh Internasional 2024

Pesan Khofifah di Hari Buruh Internasional 2024

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Indar Parawansa yakin dan optimis pekerja di Jawa Timur dapat meningkatkan kapasitas diri dan memiliki daya saing nan terampil.

Hal itu ia utarakan dalama rangka memperingati Internasional atau May Day yang jatuh hari ini, Rabu (1/5/2024).

“Pekerja yang terampil menjadi satu kebutuhan yang mau tidak mau harus kita penuhi. Karena perkembangan industri manufaktur di Jatim begitu pesat bahkan mencapai 35 persen di tahun 2024,” kata , Selasa (1/5/2024).

“Kita tentu ingin perkembangan industri manufaktur ini diisi oleh mayoritas pekerja dari Jatim . Sehingga skill atau keterampilan, penguasaan teknologi terkini, dan juga managerial menjadi kata kuncinya,” imbuh .

Menurutnya pekerja Jatim tak cuma bersaing dengan tenaga kerja lokal, melainkan juga dari luar negeri.

Maka dari itu, daya saing dan kualitas individu jadi acuan bagi sektor industri agar tetap memilih mempekerjakan tenaga kerja di Jawa Timur.

“Maka semangat May Day 2024 yang mengusung tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja yang Kompeten, 2024 Mayday is Terampil Day sangat relevan dengan kondisi ketenagakerjaan khususnya di Jatim sendiri,” tandas .

Sebagaimana diketahui per Agustus 2023 berdasarkan data BPS, jumlah angkatan kerja di Jatim total adalah 23,87 juta. Dengan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 72,56 persen.

Selama lima tahun memimpin Jatim, aktif melakukan program Jatim Kerja guna meningkatkan kualitas dan keterampilan pekerja di Jatim. 

Seperti penyelenggaraan Millenial Job Center yang menjadi basis penguatan pekerja dan calon pekerja Jatim dalam penguasaan digital IT. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO