Beri Makan Monyet dan Ikan, Tradisi Sedekah Bumi Masih Lestari di Sendang Bektiharjo Tuban

Beri Makan Monyet dan Ikan, Tradisi Sedekah Bumi Masih Lestari di Sendang Bektiharjo Tuban Warga saat memberi makanan pada monyet-monyet liar di Wisata Sendang Bektiharjo.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan warga mengikuti tradisi sedekah bumi di Wisata , Kecamatan Semanding, Kabupaten , Rabu (1/5/2024).

Tradisi yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun tersebut tak hanya tukar makanan dan jajan saja. Warga juga memberi makan untuk monyet dan ikan yang habitatnya berada di kawasan Wisata .

Sebelum makanan dibagikan, dilaksanakan ritual doa terlebih dahulu oleh tokoh agama dan juru kunci.

Peserta tradisi sedekah bumi tidak hanya datang dari Desa Bektiharjo. Tapi desa tetangga turut hadir, seperti Desa Tegalagung, Desa Prunggahan Kulon, Desa Prunggahan Wetan, dan Desa Semanding.

Menurut mereka, sedekah bumi di sebagai bentuk syukur atas sumber mata airnya yang membawa keberkahan.

"Acara ini sebagai bentuk rasa syukur kami karena air dari sumber di sini telah digunakan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari," terang Dwi Lestari, salah satu warga saat ditemui di lokasi.

Menurut Dwi, acara sedekah bumi dimulai dengan berdoa, lalu memberi makan hewan monyet liar yang berada di kawasan sendang. Kemudian, lanjut dengan pemberian makan untuk ikan yang ada di sendang berupa nasi dan lauknya.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO