Lagi, Cargill Gresik Tanam 2.000 Mangrove di Kalimireng Manyar Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Lagi, Cargill Gresik Tanam 2.000 Mangrove di Kalimireng Manyar Gresik

Editor: Rohman
Wartawan: Syuhud
Sabtu, 16 Juli 2022 02:06 WIB

Aktivitas penanaman mangrove oleh PT Cargill Indonesia - Cocoa & Chocolate Gresik bersama masyarakat di Kalimireng, Manyar. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Cargill Indonesia - Cocoa & Chocolate kembali menggelar aksi tanam pohon mangrove di areal Kalimireng, Kecamatan Manyar, Kamis (14/7/2022). Ada 2.000 pohon mangrove yang ditanam pada agenda keempat ini, total ada 6.000 tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut yang ditanam di sana.

"Langkah-langkah yang dilakukan dalam program ini selaras dengan target pemerintah, yaitu mengurangi segala jenis polusi atau limbah yang terbuang ke lautan yang disebabkan oleh aktivitas manusia di daratan, termasuk limbah industri dan rumah tangga dengan upaya konservasi mangrove di wilayah pesisir," kata Admin & Relation Manager PT Cargill Indonesia-Cocoa & Chocolate , Adi Suprayitno, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Jumat (15/7/2022).

Ia menyebut ada 2.000 mangrove jenis Avicenia yang ditanam di Kalimireng. Kegiatan kali ini melengkapi total penanaman sejak awal program, sehingga sudah mencapai 6.000 bibit, dengan tingkat survival ratenya sudah diatas 70%.

"Ke depan bisa dimanfaatkan untuk pewarna alami untuk peningkatan UMKM Batik Bogem khas Manyarsidomukti. Penanaman mangrove di sepanjang jalan pintu masuk wisata mangrove Kalimireng juga bisa menambah estetika wisata," tuturnya.

Ia menjelaskan, mangrove jenis Avicennia diperkirakan memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap beberapa kandungan logam dibandingkan yang lainnya. Avicennia marina juga memiliki upaya penanggulangan toksik di antaranya, melemahkan efek racun melalui pengenceran (dilusi), atau bisa juga disebut jenis mangrove penyerap racun, lalu untuk Rhizophora mucronata dalam menurunkan kadar detergen di dalam air limbah.

"Untuk itu, dengan semangat hari air sedunia ini, diharapkan aksi tanam ketiga ini mampu memberikan kontribusi besar kepada lingkungan, khususnya konservasi Mangrove Kalimireng, Kecamatan Manyar," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video