Produksi Kopi Dampit Malang Tembus hingga Pasar Dunia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Produksi Kopi Dampit Malang Tembus hingga Pasar Dunia

Rabu, 06 Mei 2015 01:03 WIB

Tampak perkebunan kopi dan proses penjemuran kopi. foto: istimewa

MALANG, BANGSAONLINE.com -  asal Kabupaten Malang, mendapat pengakuan dunia menyusul telah dikantonginya sertifikat komoditas kopi yang diterbitkan oleh The Common Code for The Coffee Community (4C) Association.

Salah satunya, kopi Dampit yang sudah menembus pasar internasional. Negara yang menjadi tujuan ekspor dari kopi yang mensyaratkan adanya sertifikasi mutu kopi. Utamanya harus memiliki trading pasar sesuai dengan selera para konsumen.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Tomie Herawanto pada BANGSAONLINE.com menjelaskan, sentra kopi di Kabupaten Malang tersebar di wilayah Kecamatan Dampit, Ampelgading, Tirtoyudo, dan Kecamatan Sumbermanjingwetan.

“Pengembangan kopi tersebut berada di kawasan lereng Gunung Semeru dan telah diakui oleh penikmat kopi dunia. Hal itu dibuktikan dengan adanya sertifikat 4C yang telah diterima,” kata Tomie saat mendampingi Bupati Malang, H. Rendra Kresna.

Sertivikat 4C itu merupakan hasil kerja sama antara petani kopi di Kabupaten Malang dengan PT. Asal Jaya yang dapat memenuhi permintaan pasar (ekspor) kopi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kopi

Berita Terkait

Bangsaonline Video