Peringati Shraddha Agung, Ratusan Masyarakat Tulungagung Gunakan Pakaian Adat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati Shraddha Agung, Ratusan Masyarakat Tulungagung Gunakan Pakaian Adat

Editor: Siswanto
Wartawan: Feri Wahyudi
Senin, 26 Desember 2022 20:57 WIB

Masyarakat Tulungagung saat memperingati Shraddha Agung di Candi Gayatri, Kecamatan Boyolangu, Senin (26/12/2022).

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Ratusan masyarakat berpakaian adat mengikuti arak-arakan budaya dengan menggunakan dokar dan berbagai jenis kendaraan dimulai dari Candi Sanggrahan menuju , Kecamatan Boyolangu, Senin (26/12/2022).

Kegiatan yang dikemas festival ini, dalam rangka memperingati : Bhinneka Tunggal Ika, 2022.

Panitia anggota Konsorsium Bhinneka Tunggal Ika Akhol Firdaus mengatakan, peringatan ini, merupakan serangkaian festival kebudayaan dalam rangka menapaktilasi jejak-jeka perjuangan dan warisan Sri Gayatri Rajapatni, sebagai tokoh yang dipersonifikasikan dengan visi penyatuan Nusantara dan ajaran Bhinneka Tunggal Ika.

"Apa itu Sraddha agung yaitu upacara dan ritual suci dalam rangka memperingati dua belas tahun kematian Sri Gayatri Rajapatni," katanya usai melakukan upacara.

Menurutnya, pentingnya kegiatan ini, adalah adanya sosok yang dipersonifikasikan dengan visi penyatuan Nusantara dan ajaran Bhinneka Tunggal Ika.

"Oleh karena itu menjadi sangat penting, sebab di dalam negara Kertagama diceritakan bahwa wilayah ini disucikan untuk menaruh abu jenazah beliau," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video