Di Puncu Kediri, Ada Sedekah Bumi dan Kontes Durian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Puncu Kediri, Ada Sedekah Bumi dan Kontes Durian

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Minggu, 19 Februari 2023 18:48 WIB

Tumpeng durian saat diarak dan diangkat beramai-ramai oleh peserta kirab. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ribuan orang tumplek blek di jalan raya dan lapangan Desa/Kecamatan Puncu, Kabupaten , Minggu (19/2/2023). Mereka datang untuk melihat kirap tumpeng durian dan tumpeng hasil bumi yang diikuti puluhan kelompok tani dan masyarakat setempat.

Dan, yang utama kedatangan ribuan warga itu adalah untuk ikut berebut durian di acara sedekah bumi dan kontes durian dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten ke-1219.

Suwarno, Panitia Sedekah Bumi, mengatakan bahwa acara ini digelar sebagai ungkapan syukur warga di Kecamatan Puncu atas anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut dia, acara yang bertema Pulut Ketan (Puncu Kelud Wetan) ini didahului dengan kirap tumpeng hasil bumi, kontes durian, pentas seni dan budaya serta bazar tani yang di pusatkan di lapangan Desa Puncu.

Tumpeng gunungan durian tersebut, lanjut Suwarno, diarak dan dipanggul oleh puluhan warga, diikuti gunungan hasil bumi. Sementara gunungan utama berisi 600 durian diletakkan di depan panggung di lapangan desa Puncu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video