Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya untuk Turunkan Risiko Diabetes | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya, Salah Satunya untuk Turunkan Risiko Diabetes

Editor: Arief
Rabu, 07 Juni 2023 06:15 WIB

Ilustrasi.

SEMARANG, BANGSAONLINE.com - Ternyata daun pepaya memiliki beberapa manfaat. Daun dengan bentuk jari-jari ini, memiliki berbagai kandungan nutrisi senyawa yang aktif dalam memberikan manfaat bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, daun pepaya juga digunakan untuk pengobatan alternatif. Sebab, pada daun pepaya memiliki kandungan seperti Enzim Papain, senyawa aktif flavonoid, alkaloid, dan fitokimia lainnya yang memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba.

Tak hanya itu, Daun pepaya juga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, serta mendukung kesehatan bagi kulit.

Lebih lanjut, berikut manfaat Daun Pepaya bagi kesehatan yang telah diuji dari berbagai penelitian.

Antioksidan dan Antiinflamasi

Daun pepaya mengandung senyawa aktif seperti flavonoid dan karotenoid yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki potensi dalam melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sumber penelitian:

Lee, S.K., et al. (2017). Anti-inflammatory and antioxidant effects of papaya (Carica papaya L.) extract in RAW264.7 cells. Journal of Food and Nutrition Research, 5(1), 42-47.

Menyokong Pencernaan

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memecah protein dalam makanan dan meningkatkan pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun pepaya dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti konstipasi dan diare.

Sumber penelitian:

Cheel, J., et al. (2005). Evaluation of the gastrointestinal activity of Carica papaya seed extracts in rats. Pharmaceutical Biology, 43(3), 248-253.

Menjaga Kesehatan Kulit

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video