SMKN 1 Tuban Dorong Program Satu Siswa Satu Buku | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

SMKN 1 Tuban Dorong Program Satu Siswa Satu Buku

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Suwandi
Senin, 20 Mei 2024 21:16 WIB

Peluncuran program Sasisabu sekaligus gebyar peluncuran buku karya siswa di SMKN 1 Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan kesadaran literasi, SMKN 1 Tuban telah menjalankan program Sasisabu atau akronim dari Satu Siswa Satu Buku. Peluncuran program literasi itu bersama dengan gebyar peluncuran buku karya siswa yang digelar pada hari ini, Senin (20/5/2024).

Kepala SMKN 1 Tuban, Sucipto, menyebut kegiatan ini merupakan upaya dalam mengambil pendekatan yang menarik dalam membangun kesadaran literasi terhadap siswa dengan terus mendorong mereka untuk menulis serta membuat buku. Apalagi, pendekatan itu telah dirancang sejak awal tahun, sebagai inovasi dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa.

"Dalam hal ini 'Sahabat Perpustakaan Sekolah' sebagai salah satu organisasi yang mengampu kegiatan literasi sekolah, telah bekerja sama dengan Pustaka Media Guru untuk mengintensifkan program tersebut," urai Sucipto kepada wartawan.

Mantan kepala SMKN 3 Tuban ini menambahkan, program akan terus digalakkan dengan harapan bisa menjadi sesuatu yang menular, baik kepada guru maupun siswa yang lain untuk berkegiatan literasi seperti ini. Meski program baru dimulai pada tahun ini, kegiatan literasi harian telah dilaksanakan secara rutin.

"Ya termasuk bagian dari program yang telah berjalan di sekolah dengan mengusung jargon Terdepan dan Terpercaya," katanya.

Di sisi lain, untuk program Sasisabu sendiri telah melahirkan sebanyak 30 buku hasil karya para siswa. Buku tersebut terdiri dari beberapa genre baik buku fiksi maupun nonfiksi yang dapat diakses melalui laman ini.

"Semoga siswa-siswa yang memiliki bakat dalam menulis ini dapat menjadi teladan bagi teman-teman mereka dalam hal yang sama," harapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video