Di Irak, Khofifah Sholat di Masjid Kufah 'Taman Surga' | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Di Irak, Khofifah Sholat di Masjid Kufah 'Taman Surga'

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Devi Fitri Afriyanti
Minggu, 02 Juni 2024 12:38 WIB

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, saat berdoa di Masjid Kufah, Irak.

KUFAH, BANGSAONLINE.com - Ada sebuah masjid yang memiliki julukan sebagai salah satu Taman Surga di Bumi, yakni Masjid Kufah yang terletak di Kota Kufah, sekitar 17 kilometer selatan Baghdad, Irak. Bangunan tersebut memiliki banyak keunggulan, bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa salah satu wasilah masjid ini adalah barang siapa yang memasukinya maka dosanya akan terampuni.

Ketua Umum PP Muslimat NU, Indar Parawansa, berkunjung ke sana. Bersama rombongan, ia menyempatkan diri untuk melaksanakan sholat dan bermuhasabah di masjid yang banyak disebut telah disinggahi seribu nabi ini, Jumat (31/5/2024).

“Masjid Kufah adalah salah satu taman surga di bumi, karena seribu nabi dan seribu washi telah shalat di sana, dan barang siapa memasukinya maka dosanya akan terampuni,” kata .

Masjid Kufah merupakan masjid besar bagi umat Islam. Menurut beberapa riwayat, orang pertama yang mendirikan Masjid Kufah adalah Nabi Adam as yang kemudian direkonstruksi oleh Nabi Nuh as setelah badai.

Bahkan bagi kaum muslim Syiah, masjid ini merupakan masjid penting keempat setelah Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid al-Aqsa.  mengatakan, Masjid Kufah memiliki banyak Maqam atau kedudukan yang menjadi tempat yang digunakan untuk beribadah dan tempat-tempat penting yang populer.

Antara lain yang pertama adalah Rahbah Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib. Di tahun 36 Hijriyah Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib Karramallahu wajhah datang ke Masjid Kufah. Dan rahbah ini adalah tempat yang dulu digunakan Sayyidina Ali untuk menjawab pertanyaan umat tiap sebelum shalat atau pada kesempatan lain.

Begitu menetap di Kufah, Sayyidina Ali mengajarkan tafsir al-Quran dan ilmu-ilmu lainnya. Di sana beliau memiliki banyak murid di antaranya adalah Kumail bin Ziyad dan Ibnu Abbas.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video