Gunakan Visa Ilegal, Para Jemaah Haji Asal Indonesia Dipulangkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gunakan Visa Ilegal, Para Jemaah Haji Asal Indonesia Dipulangkan

Editor: Arief
Jumat, 07 Juni 2024 21:19 WIB

Tangkapan layar saat polisi Arab Saudi melakukan pemeriksaan di 12 titik untuk para jemaah haji.

JEDDAH, BANGSAONLINE.com - Polisi Madinah melakukan pemeriksaan visa para jemaah haji yang asal Indonesia. Dalam pemeriksaan tersebut, terlihat polisi memasuki bus para rombongan haji yang diduga menggunakan visa non haji.

Sebelumnya beredar, bahwa petugas kepolisian Arab Saudi tengah melakukan penggerebekan di sebuah tempat yang diduga sebagai tempat penampungan jemaah haji yang menggunakan non haji dalam menjalankan ibadahnya.

Kemudian, video lain juga beredar bahwa ratusan orang yang tengah diamankan oleh petugas dari Arab Saudi yang hendak akan dikembalikan ke Indonesia.

Owner Odiva Tour Travel, Faiz Junanda mengatakan, bahwa pada saat pandemi Covid-19, penggunaan visa non haji yang digunakan untuk beribadah haji masih bisa dilakukan. Namun, sekarang ini polisi Arab Saudi sudah tidak bisa.

“Mungkin karena pandemi dan euforia tinggi untuk berangkat haji masih bisa. Namun, saat ini sudah tidak bisa,” katanya, kepada BANGSAONLINE.com melalui voice note yang dikirimkan melalui Whatsapp, Jumat (7/6/2024).

Ia juga mencontohkan sebelum diperketat aturannya, para jemaah haji tidur di bus, mendekati 1 Dzulhijjah 1445 H. Namun, saat ini tidak bisa.

“Dulu bus dapat lewat, tapi sekarang sudah tidak bisa,” tambahnya.

Lebih lanjut, Faiz juga menyebutkan, sebelum masuk Kota Makkah, saat ini perlu melalui pemeriksaan hingga 12 kali. Sehingga para jemaah, yang menggunakan visa non haji, sudah tidak bisa masuk ke Makkah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video