Waspada Penipuan Digital, ini Cara-Cara Mengenali Website Palsu! | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waspada Penipuan Digital, ini Cara-Cara Mengenali Website Palsu!

Editor: Revol Afkar
Selasa, 11 Juni 2024 22:34 WIB

Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Mengenali situs web palsu adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap pengguna internet. Apalagi keseharian kita tidak lepas dari internet, dari mulai mengakses informasi berita hingga main game online di m88.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, modus penipuan melalui website semakin canggih dan banyak ditemui.

Salah satu modus terbaru yang ramai diperbincangkan di media sosial adalah penipuan dengan menggunakan undangan pernikahan. Biasanya, penipu mengirimkan link undangan, foto, atau video singkat yang tampak seperti undangan pernikahan.

Saat pengguna mengklik tautan tersebut, penipu dapat mengakses data pribadi, termasuk informasi SMS-Banking. Tentu saja, hal ini harus diwaspadai oleh para pengguna internet.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali situs web palsu dan melindungi diri dari ancaman ini. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa membantu Anda mengidentifikasi situs web palsu dan menjaga keamanan informasi pribadi Anda.

Perhatikan Tanda Gembok

Cara pertama untuk mengenali situs web palsu adalah dengan memeriksa tanda gembok di bilah alamat. Saat mengunjungi sebuah situs web, pengguna dapat melihat status keamanan situs tersebut melalui ikon gembok terkunci yang biasanya terletak di sebelah kiri alamat URL.

Jika gembok tersebut diklik, pengguna akan melihat keterangan seperti "secure connection", "connection is secure", atau keterangan lain yang menunjukkan bahwa situs tersebut aman.

Selain itu, ikon gembok ini juga menyediakan informasi tambahan seperti jenis cookies yang digunakan, detail sertifikat keamanan, hingga pengaturan situs.

Memeriksa ikon gembok ini penting karena menunjukkan bahwa data yang dikirimkan antara pengguna dan situs web dienkripsi dan dilindungi dari penyadapan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video