Buta Aksara di Kabupaten Probolinggo masih Tinggi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Buta Aksara di Kabupaten Probolinggo masih Tinggi

Kamis, 20 Agustus 2015 21:55 WIB

ilustrasi

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Jumlah orang tidak bisa membaca dan menulis (Buta Aksara) di wilayah Kabupaten masih cukup tinggi. Sesuai data dari Dinas Pendidikan menyatakan, tahun 2012 buta aksara jumlahnya mencapai 125.479 orang. Sedangkan tahun 2014 mengalami penurunan sebesar 81.539 orang.

“Buta aksara memang relatif tinggi. Setiap tahunnya terus berupaya untuk menurunkan angka ini. Secara bertahap jumlahnya sudah mengalami penurunan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten , Tutug Edi Utomo.

Ia mengatakan, Pemkab berkomitmen menekan angka buta aksara karena dengan menguranginya akan meningkatkan kualitas hidup seseorang secara pribadi. Sekaligus berdampak pada peningkatan mutu sumber daya manusia.

"Upaya menuntaskan buta aksara merupakan program utama di bidang peningkatan sumber daya manusia. Sebab, jika dinilai dari program tersebut, akan secara langsung berdampak pada perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat yang akan berimplementasi langsung kepada pemerintah,” tandas Tutug Edi Utomo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Probolinggo

Berita Terkait

Bangsaonline Video