Jembatan Penghubung Kedungpeluk Ambruk, Kades: Kabarnya Sudah Dianggarkan Tapi Belum Digarap | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jembatan Penghubung Kedungpeluk Ambruk, Kades: Kabarnya Sudah Dianggarkan Tapi Belum Digarap

Editor: Arief Rahardjo
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Selasa, 16 Juli 2024 19:45 WIB

Kondisi Jembatan Kedungpeluk ambruk, setelah dilewati dump truk pengangkut pasir batu di Desa Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Jembatan penghubung antara dua desa di Kecamatan Candi, Sidoarjo, ambruk. Akibatnya, kendaraan tidak dapat melintas dari Desa Kalipacabean menuju Desa Kedungpeluk begitu juga sebaliknya.

Jembatan penghubung tersebut, diketahui ambruk pada Selasa (16/7/2024), setelah dilewati oleh truk bermuatan pasir dan batu (sirtu) yang melintas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebelumnya jembatan itu memang sudah retak dan melengkung. Sementara, akses menuju ke dua desa terputus untuk roda empat, sedangkan untuk roda dua masih dapat melintasi jalan setapak DAM Kedungpeluk secara bergantian.

Para petani tambak pun mengangkut hasil panen ikan maupun udangnya, menggunakan pikap, kemudian dipindahkan ke troli dan diangkut melalui jalan setapak itu.

Salah satu warga Kedungpeluk, Sukarsih (53) mengatakan, warga sebelumnya sudah mengetahui bahwa jembatan itu sudah retak pada bagian pinggir dan melengkung di bagian tengahnya.

Menurut dia, jembatan itu adalah satu-satunya akses warga dan para petani tambah dari Desa Kedungpeluk menuju Desa Kalipecabean atau ke Sidoarjo Kota.

"Tidak ada akses lagi, ini satu-satunya. Ada jembatan tapi muter jauh ke arah selatan, arah Tanggulangin," ungkapnya.

Suarsih menceritakan, ambrolnya jembatan itu bermula dump truk bermuatan sirtu melintas dari arah barat ke timur atau dari arah Desa Kedungpeluk. Saat bersamaan, mobil warna silver berada dibelakang truk tersebut.

Sesampainya di tengah, jembatan itu sudah bunyi dan untungnya, ambrolnya jembatan itu saat truk sudah melintas.

"Sudah bunyi 'kretek' saat truk lewat tengah itu. Alhamdulillah mobil pribadi di belakang truk bisa berhenti mendadak, sudah masuk ban depannya. Sama warga dibantu didorong ke belakang," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video