Warga Desa Jajar Kediri Temukan Batu Lingga Patok hingga Pecahan Grabah Kuno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Desa Jajar Kediri Temukan Batu Lingga Patok hingga Pecahan Grabah Kuno

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 30 Juli 2024 20:52 WIB

Susilo saat memperlihatkan temuan batu bata dan batu andesit di Sumber Lotes, Desa Jajar, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Jajar, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, digegerkan dengan penemuan benda yang diduga sebagai objek diduga cagar budaya (ODCB) di Sumber Lotes

Benda-benda tersebut ditemukan di sejumlah titik di kawasan sumber lotes, dan lahan tebu milik warga. Benda-benda diduga cagar budaya peninggalan Kerajaan Kediri itu antara lain, 3 batu lingga Patok, sebuah batu jwaladara, dan 3 lempeng batu andesit, serta tumpukan batu bata merah ukuran besar.

Susilo, warga setempat menjelaskan, awalnya bersama temanya mencari ikan di sekitar kawasan Sumber Lotes, lalu tidak sengaja menemukan serpihan keramik dan pecahan batu bata kuno.

Kemudian, temuan tersebut dilaporkan ke pihak desa yang kemudian diteruskan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri juga Balai Pelestari Budaya (BPK) XI Jawa Timur.

"Setelah dilakukan pengecekan hari Kamis lalu, di lokasi ditemukan batu Jwaladara, tiga buah batu andesit dan tumpukan batu bata merah kuno," kata Susilo saat dikonfirmasi, Selasa (30/7/2024).

Selain batu Jwaladara dengan panjang 30 cm, lebar 20 cm, tebal 10 cm, serta 3 lempeng batu andesit berukuran panjang 50 cm, lebar 20 cm, tebal 10 cm, dan batu bara merah, menurut Susilo sebelumnya telah ditemukan 3 batu lingga patok dengan tinggi 85,5 cm, lebar 35 cm yang berjarak sekitar 50 meter utara lokasi temuan Jwaladara, dan tumpukan batu bata kuno.

Disebutkan olehnya, batu lingga ini sudah dilaporkan ke Disparbud Kabupaten Kediri sekitar tahun 1983 lalu, dan batu ini sekarang ditempatkan di rumah Mbah Patri. Pada bagian atas batu berbentuk silinder, kemudian bagian bawah ditopang batu segi empat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video