Layanan Kesehatan Diapresiasi UNFPA dan Kemendagri, Pj Wali Kota Kediri Ucapkan Terima Kasih | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Layanan Kesehatan Diapresiasi UNFPA dan Kemendagri, Pj Wali Kota Kediri Ucapkan Terima Kasih

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 01 Agustus 2024 18:31 WIB

Pj Wali Kota Kediri bersama Tim UNFPA dan Kemendagri yang dipimpin Programmer Specialist for Reproductive Health UNFPA, Sandeep Nanwani. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Layanan Kesehatan di Kota Kediri mendapat apresiasi dari Tim United Nation Population and Fund (UNFPA) dan . Hal tersebut diungkapkan Programmer Specialist for Reproductive Health UNFPA Sandeep Nanwani, usai melihat secara langsung pelayanan kesehatan di Puskesmas Pesantren 2, Kamis (1/8/2024).

Ia mengatakan, Kota Kediri dipilih sebagai lokasi studi banding karena penganggaran kesehatan di Kota Kediri besar dan hasil capaiannya bagus. Seperti Angka Kematian Ibu di Kota Kediri 0 dan indeks-indeks yang lain capaiannya tinggi melebihi capaian nasional.

"Jadi kami ingin melihat secara langsung proses penganggaran dan implementasi kesehatan di Kota Kediri seperti apa. Kota Kediri ini tidak ada pendampingan atau berjalan mandiri tapi hasilnya bisa bagus," ujarnya.

Sandeep mengungkapkan, dalam rangkaian 2 hari ini tim melihat proses penganggaran seperti apa dan kerjasama OPD yang ada di sini. Luar biasanya, lanjutnya, perencanaan penganggarannya berfokus pada pemberdayaan masyarakat, sampai di level kelurahan dan itu sangat baik.

Kedua, tim melihat Kota Kediri sudah sangat mengadopsi program Kemenkes Integrasi Layanan Primer (ILP). Dimana Puskesmas cukup cepat dapat melaksanakan program tersebut dan sangat mendukung penurunan angka kematian ibu.

"Puskesmas di Kota Kediri memberikan pelayanan dengan baik. Meskipun berada di tengah kota dan dekat dengan rumah sakit namun Puskesmas dapat berperan kuat dalam promosi dan preventif," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sandeep menjelaskan banyak hal luar biasa yang ada di Puskesmas Kota Kediri. Seperti antrian yang dibagi per kelompok usia dan dilakukan skrining. Sehingga masyarakat yang selama ini tidak tahu mengenai masalah kesehatannya dapat dideteksi lebih awal dan diobati dengan baik. Lalu laboratorium di Puskesmas juga telah memberikan layanan yang lengkap.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video