Waspada Gempa Megathrust di Indonesia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waspada Gempa Megathrust di Indonesia

Editor: Annisa'a Ambarnis
Selasa, 13 Agustus 2024 20:26 WIB

Waspada Gempa Megathrust di Indonesia. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gempa megathrust merupakan gempa bumi yang berasal dari zona megathrust. Kata "Mega" memiliki arti besar, sedangkan "Thrust" artinya sesar sungkup. Letaknya berada di perbatasan pertemuan continental crust (kerak benua) dan oceanic crust (kerak samudra). Gempa bumi pada lajur megathrust disebut juga gempa bumi interpolate.

Adapun zona megathrust diistilahkan untuk menyebut sumber gempa tumbukan lempeng di kedalaman dangkal. Dalam hal ini, lempeng Samudra yang menunjam ke bawah lempeng benua membentuk medan tegangan (stress) pada bidang kontak antar lempeng yang kemudian bergeser secara tiba-tiba dan memicu terjadinya gempa.

Apabila terjadi gempa, maka bagian lempeng benua yang berada di atas lempeng Samudra bergerak naik (thrusting). Gempa dalam skala besar di laut kemudian memicu tsunami.

Pada umumnya jalur subduksi lempeng sangat panjang dengan kedalaman dangkal mencakup bidang kontak antar lempeng.

Dalam perkembangannya, zona subduksi diasumsikan sebagai "patahan naik yang besar" yang disebut zona megathrust.

Zona megathrust di Indonesia sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu saat terbentuknya rangkaian busur kepulauan Indonesia.

Zona megathrust berada di zona subduksi aktif, seperti subduksi Banda, Subduksi Sunda mencakup Sumatra, Jawa, Bali, Lombok dan Sumba, Subduksi Lempeng Laut Maluku, Subduksi Sulawesi, Subduksi Lempeng Laut Filipina, dan Subduksi Utara Papua.

Di Samudra Hindia bagian Selatan Jawa terdapat 3 segmentasi megathrust, yaitu Segmen Jawa Timur, Segmen Jawa Tengah, Segmen Jawa Barat dan Segmen Banten-Selat Sunda.

Ketiga segmen megathrust tersebut memiliki magnitude tertarget M 8,7. Namun, jika skenario model dibuat dengan asumsi 2 segmen megathrust yang bergerak secara simultan maka magnitude gempa yang dihasilkan bisa lebih besar dari 8,7.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video