Kemenkes Pantau Langsung Kesiapan RSUD dr Iskak Tulungagung untuk Naik Kelas Tipe A | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenkes Pantau Langsung Kesiapan RSUD dr Iskak Tulungagung untuk Naik Kelas Tipe A

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Feri Wahyudi
Minggu, 01 September 2024 20:58 WIB

Direktur RSUD dr Iskak saat menunjukkan fasilitas rumah sakit kepada Tim Visitasi.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - RSUD dr Iskak tengah berada di ambang peningkatan status menjadi rumah sakit Tipe A, setelah tim dari melakukan visitasi pada Sabtu (31/8/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari penilaian akhir untuk menentukan apakah rumah sakit yang terletak di wilayah selatan Jawa Timur ini layak menjadi pusat rujukan utama di kawasan tersebut.

Dalam kunjungan itu, tim visitasi tidak hanya meneliti berbagai aspek administrasi dan manajemen, tetapi juga melakukan inspeksi langsung terhadap fasilitas kesehatan yang ada. Berbagai unit layanan seperti poliklinik rawat jalan, IGD, hingga ruang operasi tidak luput dari perhatian tim. 

Mereka juga memeriksa kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan pelayanan penunjang lainnya. Direktur RSUD dr Iskak, dr. Kasil Rokhmad, MMRS., FISQua, menyoroti pentingnya peningkatan status ini bagi masyarakat di wilayah selatan Jawa Timur yang hingga kini belum memiliki rumah sakit Tipe A.

"Jika RSUD dr. Iskak menjadi Tipe A, dapat dikatakan strategis. Utamanya untuk rujukan kasus sulit," ujarnya.

Ia menambahkan, upaya peningkatan status ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan spesialis dan subspesialis yang lebih luas.

"Ini menjadi semangat bagi kami untuk segera upgrade ke rumah sakit Tipe A,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video