Peringati Rebo Wekasan, Warga Suci Gresik Kirab Tumpeng Agung | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Peringati Rebo Wekasan, Warga Suci Gresik Kirab Tumpeng Agung

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 03 September 2024 18:36 WIB

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat menyerahkan sertifikat TKD Suci di peringatan Rebo Wekasan. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, menggelar peringatan Rebo Wekasan sekaligus merayakan hari jadi desa yang ke-633.

Kegiatan yang menjadi tradisi tahunan ini dilakukan masyarakat di sana secara turun temurun sejak masa Sunan Giri hingga sekarang.

Kegiatan dilakukan di setiap hari Rabu terakhir dalam bulan Safar. Sebagai rangkaian peringatan Rebo Wekasan, juga diadakan kirab tumpeng agung yang dilakukan di Desa Suci, pada Senin (2/9/2024) malam.

Ribuan warga bersama kepala desa, perangkat, serta pejabat Forkopimcam Manyar, mengarak tumpeng agung dari Balai Desa Suci menuju ke Masjid Mambaut Thoat yang berjarak sekitar 1 km.

Lima organisasi dari perguruan silat yang ada di Desa Suci turut serta dalam arak-arakan sebagai bentuk persatuan.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan juga anggota DPRD Khoirul Huda, tampak hadir dalam peringatan Rebo Wekasan.

Dalam kegiatan ini, Bupati Yani menyerahkan sertifikat tanah negara menjadi tanah kas desa (TKD) kepada Kepala Desa Suci, Achmad Rizal.

Rizal mengatakan dalam kegiatan ini warga kompak memanjatkan doa agar Desa Suci sejahtera dan masyarakatnya rukun.

"Kita juga selalu meminta kepada Allah SWT agar program-program yang diimpikan oleh masyarakat Desa Suci bisa terwujud," ucapnya didampingi Miftah selaku sekretaris desa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video