Pemkab Kediri Siapkan Rumah Kemasan untuk Pelaku UMKM | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Kediri Siapkan Rumah Kemasan untuk Pelaku UMKM

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 04 September 2024 21:22 WIB

Para pelaku UMKM peserta seminar kewirausahaan di Gedung Serbaguna Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, akan mendirikan rumah kemasan guna memfasilitasi pelaku dalam penyediaan kemasan produk yang berkualitas dan menarik.

Plt Kepala Diskopusmik Kabupaten Kediri, Santoso, mengatakan bahwa menjadi keluhan pelaku saat ini terkait kemasan produk. Sebab untuk pengadaan kemasan, mereka harus pesan langsung dalam jumlah besar dengan biaya yang tinggi.

"Tahun ini Mas Bup (Bupati Hanindhito) telah mengusulkan dan masih tahap pengadaan peralatan. Nanti untuk memfasilitasi teman-teman ," ucapnya usai seminar kewirausahaan yang diikuti 250 pelaku di Gedung Serbaguna Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Rabu (4/9/2024).

Dijelaskan olehnya, rumah kemasan yang disiapkan Mas Dhito, sapaan akrab bupati Kediri itu rencananya berlokasi di Garasi Pare dan bisa digunakan pada 2025. Di rumah kemasan itu, pelaku bisa membuat desain dan mencetak sendiri. 

"Nanti kita gratiskan, difasilitasi dari Dinas," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkab Kediri secara rutin melakukan pendampingan bagi pelaku untuk membantu pengembangan usaha. Pendampingan dilakukan mulai dari pelatihan, kemudian fasilitasi pengurusan izin usaha baik NIB, PIRT termasuk juga standarisasi merk halal dan sertifikasi surat edar dari BPOM.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video