Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Muji Harjita
Jumat, 27 September 2024 20:36 WIB

Pj. Wali Kota Kediri, Zanariah, saat menyampaikan paparan. (Ist).

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pj Wali memaparkan program-program kepada tim penilai Award Peduli Ketahanan Pangan 2024, Jumat (27/9/2024).

Kegiatan paparan ini disampaikan di Rumah Dinas Wali .

masuk dalam nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan pada tiga kategori yakni peningkatan ketersediaan pangan, keamanan pangan dan pemanfaatan lahan marginal.

Karena itu, tim penilai datang ke untuk memberikan penilaian sekaligus melakukan verifikasi lapangan. Ada 3 lokasi yang dikunjungi yakni SMPN 4 , Kampung Tani Kleco Kelurahan Jamsaren, dan Golden Swalayan.

Mengawali paparannya, Pj Wali menjelaskan kondisi geografis yang memiliki 3 kecamatan yakni Kecamatan Mojoroto, Pesantren dan Kota, dengan 46 kelurahan dan luas 67,2 km2.

Menurut data, saat ini di terdapat 1.572 petani, 62 kelompok tani, 15 Gapoktan dengan lahan seluas 2.400 ha. Hal ini menunjukkan, meskipun menjadi salah satu kota besar di Jawa Timur, sektor pertanian masih berkontribusi cukup penting.

Lebih lanjut, Pj Wali menuturkan bahwa dalam upaya mewujudkan di , telah mengimplementasikan berbagai program yang berkaitan dengan upaya peningkatan ketersediaan pangan, pemanfaatan lahan marjinal, dan keamanan pangan.

Upaya peningkatan ketersediaan pangan ini, lanjutnya, Pemerintah berkolaborasi salah satunya, dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri dengan melaunching Sekolah Peduli Inflasi di SMPN 4 . Selain SMPN 4, juga ada 25 SMP/MTS negeri swasta di yang menjadi peserta.

"Jadi, siswa siswi SMP diajak terlibat aktif dalam pengendalian inflasi melalui urban farming dan menggandeng perguruan tinggi sebagai pendamping lapangan. Harapannya, semakin banyak sekolah yang ikut dalam gerakan ini, kepedulian masyarakat terhadap inflasi serta dorongan untuk memanfaatkan pekarangan rumah lebih produktif juga terus meningkat,"terangnya.

Menurut Pj. Wali Kota, selain Sekolah Peduli Inflasi, upaya peningkatan ketersediaan pangan juga didorong melalui program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diimplementasikan pada rumah tangga. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video