​Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ketum Pergunu Prof Kiai Asep: Ratu Zakiyah Simbol Idealisme Kita

Editor: M Mas'ud Adnan
Sabtu, 28 September 2024 13:14 WIB

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (paling kiri) dan Yandri Susanto, MPd (tengah) dan calon bupati Serang Hj Ratu Rachmatuzzakiyah, SPd, MM, di depan para pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) se-Kabupaten Serang Banten di Pondok Pesantren Bei Mahdi Sholeh Ma’mun Serang, Jumat (27/9/2024) malam. Foto: MMA/bangsaonline

SERANG, BANGSAONLINE.com – Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, menegaskan bahwa Hj , SPd, MM, calon bupati 2024, adalah simbol idealisme kita. Sebab perjuangan istri Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, MPd itu merepresentasikan idealisme yang kita perjuangkan.

“Idealisme kita itu (diantaranya) hubbul wathan minal iman (cinta tanah air bagian dari iman),” tegas Kiai Asep Saifuddin Chalim dalam pengarahannya di depan para pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) se-Kabupaten Banten di Pondok Pesantren Bei Mahdi Sholeh Ma’mun , Jumat (27/9/2024) malam.

Selain Kiai Asep, dalam acara itu hadir Sekjen PP Pergunu Dr Aris Adi Leksono, Ketua PW Pergunu Banten KH Cumaidi dan Ketua Pergunu yang baru Saifur Rohman.

Menurut Kiai Asep, hidup di dunia tak sekedar hidup. “Hidup itu adalah perebutan dominasi idealisme. Apa yang sekarang diperjuangkan Bu Ratu (sebagai calon bupati ) adalah simbol idealisme yang kita perjuangkan,” tegas Kiai Asep sembari mengatakan bahwa idealisme kita adalah memperjuangkan terwujudnya cita-cita luhur kemerdekaan RI: Indonesia maju, adil dan makmur.

foto bersama dengan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim dan para pengurus Pergunu . Foto: mma/bangsaonline

Kiai Asep Saifuddin Chalim adalah putra KH Abdul Chalim, salah seorang kiai pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan pejuang kemerdekaan RI asal Cirebon yang pada November 2023 lalu ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Kiai Asep juga ketua umum Pimpinan Pusat Pergunu dan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur. 

Meski banyak berpirah di Jawa Timur, tapi Kiai Asep asli keturunan Cirebon Jawa Barat.

“Saya lahir di Cirebon,” tegas Kiai Asep.

Kiai Asep sekarang sedang mengembangkan Pondok Pesantren Amanatul Ummah 02 di Leuwimunding Majalengka Jawa Barat. Di Leuwimunding itulah jasad KH Abdul Chalim, ayahanda Kiai Asep Saifuddin Chalim, berbaring. 

Pada Juli 2024 lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan kawasan makam itu sebagai kawasan desa wisata religi.

Kiai Asep juga mengatakan bahwa masih satu rumpun keluarga dengan keluarga dirinya. “Masih sama-sama keturunan Sunan Gunung Jati,” tukas kiai miliarder tapi dermawan itu.

Karena itu Kiai Asep yang memiliki puluhan ribu santri itu minta semua warga NU dan kiai NU, terutama Pergunu harus bergerak, untuk memenangkan . Yang dalam Pilkada 2024 berpasangan dengan M. Najib Hamas, SE, MM.

Kiai Asep sangat optimistis pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati , -Najib Hamas, menang karena niatnya mulya. Bukan untuk berkuasa yang berorientasi materi. Melainkan untuk memberbaiki yang kondisinya masih jauh dari cita-cita luhur kemerdekaan RI.

Apalagi Paslon Zakiyah-Najib Hamas mendapat nomor urut 2. “Ini (linier) dengan Bapak Prabowo Subianto. Jadi Presidennnya nomor 2, calon bupatinya nomor 2. Apalagi kalau calon gubernurnya juga nomor 2,” kata Kiai Asep.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video