Program Sehati Bung Karna, Kepala Desa Curah Tatal Ingin Keberlanjutan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Program Sehati Bung Karna, Kepala Desa Curah Tatal Ingin Keberlanjutan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syaiful Bahri
Jumat, 04 Oktober 2024 18:58 WIB

RSAR Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Program Sehati atau akronim dari Situbondo Sehat Gratis adalah program unggulan dari Karna Suswandi selaku bupati di bidang kesehatan. Banyak masyarakat yang telah merasakan manfaat dari program tersebut. 

Selain dapat melayani banyak penyakit, proses pengurusannya mudah dan cepat. Program Sehati menyediakan anggaran paling tinggi Rp10 juta per orang. 

Anggaran ini bersumber dari atau dana bagi hasil cukai hasil tembakau tahun anggaran 2024. Seperti yang dialami oleh pasien bernama Aliyah (70), dari Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa.

"Ia alamatnya Kampung Krajan RT 004 RW 001, Desa Curah Tatal kecamatan Arjasa. Dia terserang penyakit dalam dan jantung, dan telah dilayani di Rumah Sakit Abdoer Rahem (RSAR)". Kata Kampung Dergung, Anshori di Balai Desa Curah Tatal kepada Bangsaonline.com.

Kepala Desa Curah Tatal, Suswanto, mengatakan pihaknya merasa peduli dengan warganya. Ia memanfaatkan program Sehati ini untuk warganya hampir tiap hari.

"Kalau yang sudah masuk di DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial), aparat desa cuma ngawal, kalau belum masuk DTKS berangkat ngawal sampai administrasinya," ucapnya, Jumat (4/10/2024).

Ia mengatakan warganya yang menggunakan program ini berbagai macam penyakit

"Sakitnya macam-macam, ada yang operasi, rata-rata di sini yang sepuh, juga melahirkan," katanya.

Suswanto menambahkan, prosedurnya sangat mudah dan cepat. 

"Sangat mudah diurusnya, keluarga tidak usah sibuk untuk pengurusannya, karena saya menugaskan kepala dusun setempat untuk membantu mengurus dari desa sampai rumah sakit. Kalau pasien yang belum masuk DTKS butuh pengantar, foto rumah, terus ke Kecamatan dan keterangan dari dinas sosial, kalau masuk DTKS langsung saja," paparnya.

Ia berharap program Sehati dapat dilanjutkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video