SD/MI di Sidoarjo Bakal Gratis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

SD/MI di Sidoarjo Bakal Gratis

Rabu, 09 September 2015 22:44 WIB

ilustrasi

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pendidikan gratis untuk tingkat SD/MI negeri maupun swasta di Sidoarjo sudah hampir mendekati kenyataan. Sebab, eksekutif dan legislatif secara bertahap tetapi pasti, terus menambah alokasi anggaran untuk pendidikan. Buktinya, mulai Oktober nanti, Pemkab Sidoarjo akan menambah Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) sebesar Rp 10 ribu persiswa. Kendati alokasi anggaran masih kurang, tetapi ditargetkan Biaya Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) siswa akan tertutupi secara menyeluruh pada tahun 2016 mendatang.

Sebelumnya, dana Bosda yang diterima sekitar 200 ribu siswa SD/MI negeri dan swasta se-Sidoarjo tersebut hanya seebesar Rp 10 ribu per siswa. Ditambah dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat sebesar Rp 66.600 per siswa. Dengan demikian, BOSP yang diterima siswa mulai Oktober nanti sebesar Rp 86.600 per siswa. Idealnya BOSP sesuai standar sebesar Rp 96.600 per siswa.

Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Usman mengatakan, persetujuan penambahan anggaran Bosda SD/MI di perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2015 memang menjadi target komisi yang membidangi pendidikan tersebut. Penambahan alokasi anggaran tersebut diharapkan bisa membantu BOSP di seluruh SD/MI negeri maupun swasta. “Memang, kami targetkan seperti dan harus ada penambahan,” ucapnya.

Dijelaskan, kenaikan dana Bosda hingga 100 % tersebut, tujuannya untuk meminimalisir pungutan liar di SD/MI negeri maupun swasta di Sidoarjo. Kendati mengakui belum menyentuh kelayakan BOSP, namun Usman berharap kenaikan Bosda bisa membantu sekolah bersangkutan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkab sidoarjo

Berita Terkait

Bangsaonline Video