Sungai Bader Sidoarjo jadi Pembuangan Sampah Rumah Tangga dan Industri, BLH dan DPU Dinilai Melempem | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sungai Bader jadi Pembuangan Sampah Rumah Tangga dan Industri, BLH dan DPU Sidoarjo Dinilai Melempem

Selasa, 22 September 2015 23:28 WIB

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kinerja Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Sidoarjo yang melempem mendapat sorotan tajam. Sebab, kedua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tersebut seolah tutup mata meski badan sungai dipenuhi limbah rumah tangga serta menjadi pembuangan limbah industri.

Realitas tersebut tampak di sungai Bader yang melintas di Desa Wonokasihan Kecamatan Wonoayu. Sampah dari rumah tangga serta limbah industri dibiarkan menumpuk sehingga memenuhi badan sungai. Tak ketinggalan, enceng gondok tumbuh subur di sungai yang di atasnya melintang jembatan besar menjadi jalur alternatif Pilang - Sukodono itu.

"Sampah yang menumpuk dan memicu sungai tercemar bukan hanya berasal dari limbah rumah tangga, termasuk limbah pabrik yang beroperasi di Desa Jimbaran maupun Desa Popoh di Kecamatan Wonoayu," tutur Kepala Dusun (Kasun) Kasihan Desa Wonokasihan Kecamatan Wonoayu, Salim dengan nada serius, Selasa (22/9).

Karena badan sungai dipenuhi enceng gondok, sambung Salim, sampah dan limbah menyebabkan aliran sungai tersumbat serta areal persawahan dan sebagian sumur warga juga tercemar. Ironisnya, lanjut Salim, tak ada tindakan tegas apa pun yang dilaksanakan SKPD yang menangani masalah sungai maupun limbah.

"Kalau Peraturan Daerah (Perda) sudah jelas. Tetapi, aplikasinya tak ada sama sekali. Warga sudah demo pada Tahun 2010 lalu. Tapi tak ada tindakan dari dinas sama sekali. Misalnya, kalau DPU Pengairan mengerahkan stafnya untuk membersihkan sampah dan enceng gondok di sini, pasti warga mau membantu," cetus Salim.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pemkab sidoarjo

Berita Terkait

Bangsaonline Video