32 WNA Komplotan Penipuan Canggih Ditangkap di Surabaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

32 WNA Komplotan Penipuan Canggih Ditangkap di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2015 01:56 WIB

Sebagian WNA pelaku penipuan yang akan dikirim ke Mabes Polri Jakarta. foto: rusmiyanto/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 5 warga negara asing (WNA) Taiwan dan 27 WNA China ditangkap satuan reskrim Polrestabes Surabaya, Senin malam (19/10) pukul 22.00 WIB. Penangkapan dilakukan di Hotel Ciputra Word Jl. Mayjen Sungkono Surabaya, terkait sindikat penipuan yang mengunakan sarana ITE.

Kasat Reskrim Polrestabes AKBP Takdir Matanette yang dikonfirmasi wartawan membenarkan penangkapan tersebut. Menurut Takdir, penangkapan itu atas aksi penipuan yang dilakukan ke-32 WNA dengan mengunakan teknologi elektronik.

"Mereka kita tangkap berdasarkan jaringan penipuan internasional yang sudah terorganisir. Ini berdasarkan laporan dari Mabes Polri bahwa jaringan penipuan dengan pelaku WNA berada di Surabaya," ujarnya.

Mereka, menurut Takdir, adalah jaringan yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dalam melakukan aksi penipuan, mereka melakukan komunikasi dengan calon korban yang kebanyakan adalah warga campuran Tionghoa.

Dengan menyadap jaringan nomer telpon korban, maka diketahui nama korban yang ditelpon juga beberapa nama keluarga terdekatnya.

"Tersangka juga bisa menyadap jaringan dari Telkom dan data kependudukan yang berada di dinas Kependudukan," ungkap Takdir Matanette.

Seperti tersangka menyadap sebuah rumah di sekitaran Surabaya, mereka akan mengetahui berapa jumlah anggota keluarga dalam sebuah rumah. Sebelum melakukan penipuan terlebih dahulu pelaku sudah bisa menyadap nama-nama tiap-tiap anggota keluarga. Dari nama tersebut masing-masing diketahui mempunyai nomer telpon.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   kriminal surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video