Pembangkit Listrik Tenaga Rumput Laut di Sumenep, Harapan Warga Kepulauan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pembangkit Listrik Tenaga Rumput Laut di Sumenep, Harapan Warga Kepulauan

Jumat, 15 Januari 2016 23:37 WIB

Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Kahir. foto: rahmatullah

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Masyarakat di kepulauan Kabupaten Sumenep yang tidak teraliri listrik dari PLN atau PLTD dalam beberapa waktu ke depan tidak perlu risau lagi. Pasalnya, Pemkab setempat akan mengembangkan pembangkit listrik tenaga rumput laut. Saat ini, proses pembangunan pembangkit listrik itu tengah berjalan.

Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sumenep, Abd. Kahir, memaparkan studi kelayakan untuk pembangkit listrik tenaga rumput laut sudah dilakukan. Rencananya, dalam bulan ini akan dilakukan Fokus Grup Diskusi (FGD) antara , ahli dan ESDM sendiri untuk membahas kelayakan lokasi.

“Pembangkit listrik ini sangat diharapkan warga pulau. Semoga bisa terealisasi,” harap Kahir, Jum’at (15/1).

Kahir memaparkan, anggaran pembangunan pembangkit listrik itu sepenuhnya ditanggung Pemerintah Pusat. Pemkab hanya diminta menyediakan lahan, dan menjaga kelancaran usaha ketika sudah berjalan nanti. Sementara anggaran untuk tenaga 1 mega mencapai 2 juta US.

“Kalau mau dirupiahkan, tinggal dikalikan per 1 US sebesar Rp14 ribu,” jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video