Candi di Desa Banjarsari Nganjuk Akhirnya Ditinjau BPCB Mojokerto | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Candi di Desa Banjarsari Nganjuk Akhirnya Ditinjau BPCB Mojokerto

Jumat, 29 Januari 2016 14:54 WIB

Tiga arca yang diteliti BPCB di Mapolsek Ngronggot. foto: soewandito/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto akhirnya datang ke lokasi penemuan situs cagar budaya di Desa Banjar sari Kecamatan Ngronggot, Kamis (28/1) kemarin. Kedatangan petugas BPCB ini untuk menguak asal-usul situs budaya yang ditemukan Muh Affandi, seorang penggali tanah bersama dua rekannya.

Menurut Arkeolog Muhammad Ichwan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto, situs budaya yang ada di desa Banjarsari adalah Jejak candi di masa kejayaan Kerajaan Majapahit, dalam rentang era abat 13 sampai 15. Dijelaskan oleh Ichwan, indikasinya adalah penemuan tiga buah arca yang salah satunya setinggi 54 cm.

BACA JUGA:

Lebih rinci Ichwan menambahkan, tiga arca yang ditemukan adalah perwujudan Dewi Durga Mahesa Sura Mardhini, yang identik selalu berada di Candi Sekte Hindu Syiwa. “Dari pengamatan, itu arca Dewi Durga dan arca tersebut biasa ada di candi sekte Syiwa,” kata Ichsan di lokasi penemuan, pada Kamis 28 Januari 2016 lalu.

Dalam candi Hindu sekte Syiwa selalu ada format (pakem) untuk meletakkan arca Durga yang ditempatkan di relung sebelah utara. Sedangkan relung belakang diletakkan arca Ganesha, relung selatan arca Syiwa Mahaguru atau arca Agastya dan di depan arca Nandhiswara dan Mahakala.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   candi nganjuk

Berita Terkait

Bangsaonline Video