Cagub Jatim 2018, Suko Widodo Munculkan Duet Gus Ipul - M. Nuh | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cagub Jatim 2018, Suko Widodo Munculkan Duet Gus Ipul - M. Nuh

Rabu, 03 Februari 2016 01:13 WIB

Suko Widodo

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para pimpinan partai politik (parpol) di Jawa Timur tak ada yang memunculkan nama Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai calon gubernur. Padahal, dari segi popularitas mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) itu jauh lebih populer dibanding nama-nama kandidat yang sudah muncul belakangan ini. Kenapa?

Pakar ilmu komunikasi politik dari Univeritas Airlangga (Airlangga) Surabaya, Suko Widodo menilai nama Gus Ipul jarang muncul dalam percaturan Pilgub Jatim 2018 di kalangan parpol-parpol di Jatim adalah hal yang wajar. Sebab, hingga saat ini dia belum memiliki kendaraan politik karena tidak ikut parpol manapun.

"Problem Gus Ipul itu belum punya parpol untuk kendaraan maju Pilgub Jatim mendatang," ujar Sukowidodo, Selasa (2/2).

Kendati demikian, bukan berarti Gus Ipul akan ditolak oleh parpol di Jatim untuk dicalonkan pada Pilgub Jatim 2018. Alasannya, penentuan calon itu sangat bergantung pada elit parpol di tingkat pusat. "Sekarang ini kan masih check sound, jadi wajar kalau parpol cenderung memunculkan kandidat dari kader internal karena mereka tak mau ambil resiko berseberangan dengan pengurus di tingkat pusat," beber alumni FISIP UGM, Jogjakarta tersebut.

Ia juga tidak menampik, kemunculan Prof. M. Nuh bisa jadi kuda hitam dalam Pilgub Jatim mendatang. Pasalnya, dia mempunyai relasi yang kuat dengan Soekarwo maupun Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di samping cukup kuat di jaringan warga Nahdliyin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video