Limbah Cemari Sungai di Kraton Pasuruan, Ulama Sesalkan Perusahaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Limbah Cemari Sungai di Kraton Pasuruan, Ulama Sesalkan Perusahaan

Minggu, 14 Februari 2016 22:58 WIB

ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pengasuh PP Nurul Huda desa Bendungan, Kraton, Pasuruan, KH Romli, menyesali adanya pembuangan limbah liar yang dialirkan perusahaan melalui sungai-sungai besar. Hal itu dinilainya sangat merugikan masyarakat secara luas, baik mereka yang memiliki sawah, tambak atau hanya sekadar terpapar polusi dari pembuangan limbah tersebut.

“Saya punya tambak dan saya merasakan sendiri hasilnya yang sekarang dibanding hasilnya yang dulu,” kata Gus Rom pada wartawan BANGSAONLINE, Ahmad Fuad, Minggu (14/2) di halaman pondok pesantrennya.

Ditambahkan, rata-rata keluarga pondok Keramat dan Bendungan yang terletak di kecamatan Keraton Pasuruan atau lebih dikenal dengan sebutan keluarga Bani Thoyib itu, memiliki lahan perikanan yang berupa tambak ikan. Mereka sangat paham, mana kala air itu sangat tercemar dan mana air yang tidak terpapar limbah. Di Kecamatan Kraton sendiri memang ada pabrik kulit yang ditengarai sebagai pabrik yang membuang limbahnya langsung ke sungai.

Gus Rom menandaskan, merusak lingkungan itu tidak diperbolehkan agama mana pun. Alasannya karena itu membahayakan aktivitas masyarakat setempat maupun makhluk Allah SWT yang lain. "Masyarakat benar-benar sangat dirugikan adanya pembuangan limbah yang dilakukan sembarangan saat musim hujan seperti sekarang ini," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Limbah Pasuruan

Berita Terkait

Bangsaonline Video