Sebanyak 64% Produksi Padi di Jatim Baru Dipanen Bulan April-Mei | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sebanyak 64% Produksi Padi di Jatim Baru Dipanen Bulan April-Mei

Selasa, 01 Maret 2016 01:05 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mulai Februari ini, sebagian wilayah di Jawa TImur sudah melakukan panen padi dari hasil tanam bulan November dan Desember 2015. Namun, panen raya padi di Jatim bakal berlangsung bulan April-Mei mendatang. Jumlahnya mencapai 64 persen dari total produksi padi Jatim bakal panen di bulan tersebut.

“Bulan April-Mei itu panen raya padi. 64 persen dari total produksi ada di posisi itu. Sekarang sudah mulai panen dari hasil tanam November dan harga sudah di atas HPP,” kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Senin (29/2).

Dari hasil panen tersebut, ia meminta Perum Bulog Divre Jatim untuk mengoptimalkan serapan gabah dan beras dari petani. “Bulog harus gerak cepat. Kalau tidak diambil, maka diambil tengkulak. Kalau supply terbatas, maka disimpan tengkulak. Maka supply ini harus kuat,” jelasnya.

Mengenai HPP (harga patokan pemerintah) gabah dan beras tahun ini belum ada perubahan. Acuan HPP masih menggunakan Instruksi Presiden (Inpres) No 5/2015 tanggal 17 Maret 2015.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pertanian jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video