Persiapan Tanam Musim Kemarau, Petani Bojonegoro Bendung Sungai | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Persiapan Tanam Musim Kemarau, Petani Bojonegoro Bendung Sungai

Editor: nur syaifudin
Wartawan: eky nurhadi
Selasa, 03 Mei 2016 11:14 WIB

Petani yang melakukan pembendungan sungai.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Menghadapi musim kemarau yang sebentar lagi tiba, para petani di Kecamatan Kanor mulai melakukan persiapan dalam menghemat air. Salah satunya membendung anak sungai bengawan solo, agar airnya tidak habis di waktu kemarau.

Kali Apur Ingas di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor misalnya, dibendung dengan alat seadanya. Para pengurus HIPPA dan warga setempat menahan air kali tersebut dengan karung yang berisi tanah, kemudian ditumpuk di tengah kali. Sebelumnya mereka menancapkan kayu bambu agar karung tidak terseret air.

"Ini (bendungan,red) untuk persiapan pengairan tanam padi musim kemarau. Karena saat kemarau sering kekurangan air," ujar salah satu anggota kelompok HIPPA Sri Sedani Desa Kedungprimpen, Sumaji, Selasa (3/5).

Menurut dia, air yang dibendung itu untuk mengairi lahan pertanian seluas kurang lebih 300 hektare. Saat ini, volume air di kali tersebut masih tinggi. Tetapi, kata dia, saat padi mulai memasuki masa pembuahan kali tersebut airnya sudah habis.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video