Dana DBHCT Disorot, Dinas di Pemkot Probolinggo Tak Gentar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dana DBHCT Disorot, Dinas di Pemkot Probolinggo Tak Gentar

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: andi sirajudin
Selasa, 20 Mei 2014 19:29 WIB

PROBOLINGGO (bangsaonline) - Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau di Kota yang diterima beberapa Dinas di Pemkot , menjadi pergunjingan. Bahkan, dana dari Pemprov Jatim itu ditengarai banyak disalahgunakan beberapa dinas penerima.

Apalagi, seperti diketahui saat ini dana tersebut banyak disalahgunakan disejumlah daerah di Jawa Timur. Banyaknya kasus ini, sejumlah pihak mempertanyakan sejauh mana dana dimanfaatkan di Kota .

Sejumlah Satker yang menerima aliran dana mengaku tidak gentar. Alasannya, aliran dana sudah jelas peruntukannya. “Yang penting dana itu sudah kita realisasikan sesuai peruntukannya yang ada,” ujar Kepala Diskoperindag Kota , Zainullah saat dimintai komentarnya, Selasa (20/5/2014).

Menurut dia, DBHCT yang diterima oleh Diskoperindag peruntukannya untuk pemberdayaan masyarakat UKM. Seperti melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi masyarakat. Salah satu contoh, Diskoperindag dalam waktu dekat ini akan menggelar pelatihan brunang bambu di wilayah Kecamatan Kademangan.“Jadi kita tidak main-main menerima aliran dana tersebut,” tandasnya.

Untuk mendapatkan dana ini, pihaknya tidak hanya menerima saja. Tetapi tetap ada pertanggungjawaban (SPJ) terkait peruntukannya. “Jadi tetap ada pertanggungjawabannya,” timpalnya.

Pertanggungjawaban dana tidak hanya asal-asalan. Bisa jadi SPJ-nya ditolak, jika satker sebagai penerima menggunakannya tidak sesuai dengan peruntukannya. Di Diskoperindag sendiri pada tahun 2014 ini menerima DBHCT sebesar Rp 250 juta.“Jadi tidak sebesar satker lain,” tegasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Probolinggo

Berita Terkait

Bangsaonline Video