John Hanke Menciptakan Pokemon Go: 20 Tahun Merancang, Semalam Berhasil | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

John Hanke Menciptakan Pokemon Go: 20 Tahun Merancang, Semalam Berhasil

Sabtu, 16 Juli 2016 23:13 WIB

BANGSAONLINE.com - Di balik sebuah online game yang sangat fenomenal tahun ini, Pokemon Go, ternyata ada sosok pria cerdas yang gigih dalam mewujudkan mimpinya. Pria bernama John Hanke, CEO Niantic Labs, merupakan otak dari permainan Pokemon Go. Dilansir dari Story Pick, John membutuhkan waktu 20 tahun untuk membuat game tersebut.

Pokemon Go rilis pada 6 Juli 2016, di Amerika Serikat, Australia, dan New Zealand. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo naik $12 miliar! Sedangkan aplikasinya sendiri sudah menghasilkan lebih dari $12 juta per hari, pada pembelian dalam aplikasi. Hal ini tentu saja menjadikan sebuah fenomena yang luar biasa. Uniknya, perjalanan selama 20 tahun John Hanke ternyata berbuah keberhasilan hanya dalam satu malam. Story Pick membeberkan perjalanan John hingga akhirnya mewujudkan impiannya, Pokemon Go.

Sejak masih duduk di bangku sekolah John sudah memiliki perhatian pada dunia online game. Tahun 1996, dia, sebagai co-creat, menciptakan sebuah MMO (massively multiplayer online game) pertama. Namanya Meridian 59. Tapi kemudian dia menjual game tersebut kepada 3DO.

Keputusannya itu didasarkan pada impian dan passion-nya; memetakan dunia. Tahun 2000, John meluncurkan Keyhole yang menghubungkan peta dengan foto udara. Dia lantas menciptakan peta dunia yang mengikutsertakan GPS yang terhubung pada foto udara tiga dimensi. Dulu, dia yang pertama membuat peta canggih ini.

Mungkin Anda sekarang sudah familiar dengan yang namanya Google Earth. Ternyata, cikal bakal Google Earth ini adalah Keyhole. Perusahaan Google membeli Keyhole. Mereka, dengan bantuan John, mengubah Keyhole menjadi apa yang kini kamu kenal dengan Google Earth. Sejak saat itulah, dia bertekad untuk fokus pada game yang berbasis GPS.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: liputan6.com

 

sumber : liputan6.com

 Tag:   pokemon

Berita Terkait

Bangsaonline Video