Waduh, Tunggakan Raskin di Gresik Tembus Rp 1, 6 M | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waduh, Tunggakan Raskin di Gresik Tembus Rp 1, 6 M

Jumat, 25 November 2016 06:06 WIB

Kepala Bulog Divre Surabaya Utara Cecep Pandji Nandia, didampingi Wakilnya Erly dan Kabag Kesra Pemkab Gresik Khusaini dan Kabag Humas Suyono saat memberikan keterangan terkait penyaluran raskin. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Di saat jumlah RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) selaku penerima program bantuan Raskin (beras miskin) di Kabupaten Gresik terus berkurang, angka tunggakan pembayaran Raskin ke Bulog (Badan Urusan Logistik) Divre Surabaya Utara malah masih tinggi.

Tercatat hingga jelang akhir bulan November 2016, tunggakan pembayaran Raskin di Kabupaten Gresik masih tembus hingga Rp 1,6 miliar.

"Angka tunggakan raskin masyarakat Kabupaten Gresik yang belum terbayar hingga saat ini masih mencapai Rp 1,6 miliar," kata Kepala Bulog Divre Surabaya Utara, Cecep Pandji Nandia, didampingi wakilnya Erly, Kabag Kesra Pemkab Gresk Khusaini dan Kabag Humas Suyono ketika memberikan keterangan pers soal penyaluran Raskin di Kabupaten Gresik, di RM. Rahmawati, Kamis (24/11).

Menurut dia, tunggakan Raskin di Kabupaten Gresik itu pada dasarnya juga dialami oleh para penerima Raskin di daerah lain. Sebab, dalam pendistribusian Raskin menggunakan cara cash and carry (pembayaran langsung dan hutang).

"Bagi masyarakat miskin yang punya kemampuan begitu mendapatkan raskin langsung bayar. Tapi sebaliknya, yang tidak punya uang hutang. Hal ini yang menyebabkan tunggakan Raskin cukup besar," jelasnya.

Meski tunggakan raskin di Kabupaten Gresik terbilang cukup besar, namun dia optimis tunggakan tersebut hingga pertengahan Desember 2016 mendatang bisa terlunasi. "Target kami tunggakan Rp 1,6 miliar tersebut sebelum akhir tahun sudah lunas," tegasnya.

Pada kesempatan itu Cecep juga menjelaskan kalau penyaluran Raskin di Kabupaten Gresik mulai bulan Januari-September 2016 tersalur 100 persen. "Total beras yang kami salurkan sebanyak 1.100 ton," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   raskin gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video