Jajanan Anak SD di Kota Blitar Terindikasi Mengandung Zat Berbahaya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jajanan Anak SD di Kota Blitar Terindikasi Mengandung Zat Berbahaya

Sabtu, 14 Januari 2017 15:59 WIB

Jajanan Anak SD di Kota Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Berbagai jenis makanan yang biasa dijajakan di area sekolah dasar di Kota Blitar, terindikasi mengandung zat berbahaya. Pantauan Dinas Kesehatan setempat, hingga saat ini makanan itu masih dijual bebas.

Kepala Dinkes Kota Blitar, Ngesti Utomo, mencontohkan beberapa jajanan yang berbahaya. Di antaranya makanan jenis cilot, bakso goreng, dan tahu goreng yang disajikan menggunakan saos yang terbuat dari pewarna berbahaya. Selain itu beberapa jenis makanan lainnya, juga diketahui mengandung bahan pengawet.

Menurutnya, pewarna makanan sering dijadikan sebagai bahan tambahan pada makanan, agar warna dari makanan menjadi lebih menarik dan disukai anak-anak. Saat ini, sekitar 90 persen zat pewarna sintesis digunakan oleh pabrik-pabrik makanan agar tampilan makanan yang dijual menjadi lebih menarik. 

"Selain ada yang mengandung zat berbahaya dari bahan pembuatannya, berdasarkan pantauan kami, juga ada yang proses pengolahannya serta penyajiannya kurang higienis. Sehingga baik yang secara langsung maupun yang akan terlihat, anak-anak sering mengkonsumsi makanan tak sehat," paparnya, Jumat (13/1).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   jajanan blitar

Berita Terkait

Bangsaonline Video