Komisi D DPRD Surabaya Usulkan PPDB Jalur Mitra Warga Juga Berlaku untuk Sekolah Swasta | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komisi D DPRD Surabaya Usulkan PPDB Jalur Mitra Warga Juga Berlaku untuk Sekolah Swasta

Wartawan: Maulana
Jumat, 16 Juni 2017 00:30 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi D DPRD Surabaya Sugito mengusulkan agar program beasiswa jalur mitra warga seyogianya juga diberlakukan di sekolah swasta. Sebab, daya tampung program mitra warga untuk sekolah negeri sangat terbatas.

Usulan itu disampaikan saat Dinas Pendidikan Kota Surabaya menggelar rapat dengan Komisi D DPRD Surabaya membahas persoalan seputar penerimaan peserta didik baru (PPDB), khususnya bagi SMA-SMK seperti saat ini.

Oleh karena daya tampung sekolah-sekolah negeri di Kota Surabaya terbatas, kata Sugito, maka jumlah kelulusan yang akhirnya menggunakan jalur mitra warga yang dikhususkan untuk keluarga miskin, cukup besar.

“Kemarin kami diundang dinas pendidikan untuk dimintai pendapat soal kuota jalur mitra warga untuk sekolah-sekolah swasta. Karena selama ini sekolah negeri tidak bisa menampung hasil kelulusan siswa secara keseluruhan,” ungkap Sugito.

Politisi Partai Hanura ini menyebut, masyarakat Surabaya masih beranggapan bahwa jalur mitra warga itu hanya untuk sekolah negeri.

Padahal, tambah dia, jika diarahkan ke sekolah swasta, juga akan mendapatkan fasilitas sama. Yakni pendidikan gratis karena ditanggung APBD Kota Surabaya.

“Jumlah kelulusan dan daya tampung sekolah negeri memang sangat tidak berimbang. Oleh karenanya, sekolah swasta diharapkan bisa menampung program ini. Tentu dengan beberapa prasyarat, termasuk soal akreditasi sekolah swasta tersebut,” ujar dia.

Menurutnya, ada informasi bahwa di beberapa sekolah swasta unggulan telah bersedia menerima program jalur mitra warga.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video