Harga Pakan Naik, Harus Ada Proteksi Keberlangsungan Usaha Peternak | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harga Pakan Naik, Harus Ada Proteksi Keberlangsungan Usaha Peternak

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: tri susanto
Kamis, 17 Juli 2014 23:28 WIB

BLITAR (bangsaonline) - Kendati Kabupaten merupakan daerah penghasil telur terbesar di Indonesia, namun belum ada proteksi yang maksimal terhadap keberlangsungan usaha peternak. Saat ini. usaha peternak tengah terkendala merangkaknya harga pakan ternak. Jika tidak ada upaya nyata dari pemerintah daerah untuk mengantisipasi kenaikan harga pakan ini, dikhawatirkan akan mengganggu perekonomian masyarakat, terutama dari sektor peternakan.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten , Ansori mengatakan, bahwa, harga pakan ternak yang semakin tidak terkejar membuat ribuan peternak ayam di Kabupaten bisa mengalami kolap. Kondisi ini harus segera diantisipasi Pemkab . Regulasi yang dibuat Pemkab harus menguntungkan para peternak ayam petelur.

"Jika merangkaknya harga ternak tidak segera diantisipasi, maka dipastikan akan banyak peternak yang kolap," terangnya.

Ansori menegaskan,sikap preventif untuk melindungi peternak harus dilakukan oleh Pemkab . Hal ini berkaitan terhadap kelangsungan produksi telur yang menjadai salah satu andalan peternakan di . Apalagi menjelang Idul Fitri, sambung Ansori, seharusnya peternak mendapat keuntungan karena kenaikan harga telur ayam. Sayangnya naiknya harga ayam masih dibayangi naiknya harga pakan ternak yang membuat ribuan petani menjadi resah.

Beberapa komoditas pakan ternak yang merangkak naik diantaranya adalah harga konsentrat campuran pakan yang mencapai harga Rp 350.000,-/50 kg. Meski terdapat penurunan pada harga katul, namun konsentratmenjadi pakan pokok untuk produksi telur. Jika terjadi pengurangan campuran pakan konsentrat, maka dipastikan akan terjadi penurunan produksi telur.

Saat ini, harga telur di kisaran Rp 12.000,- sampai Rp 13.000,- perkilogram. Kondisi ini masih tidak berimbang dengan biaya produksi. Sehingga peternak masih harus berfikir kreatif untuk mempertahankan produksi telur.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Blitar

Berita Terkait

Bangsaonline Video