Punya Basis Massa dan Jaringan Kuat, Dua Mantan Kapolda Jatim Berpeluang Masuk Bursa Pilgub | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Punya Basis Massa dan Jaringan Kuat, Dua Mantan Kapolda Jatim Berpeluang Masuk Bursa Pilgub

Wartawan: M Didi Rosadi
Rabu, 27 September 2017 22:50 WIB

Irjen Pol (purn) Hadiatmoko, Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peluang kandidat berlatar belakang TNI/Polri untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 cukup terbuka. Mereka dinilai punya daya tawar yang tinggi untuk digandeng sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) lantaran punya basis massa dan jaringan yang kuat di akar rumput.

“Kans kandidat berlatar TNI/Polri sangat besar untuk mengisi posisi kandidat Cawagub. Mereka ini bisa menjadi politik jalan tengah untuk menjaga keseimbangan antara parpol anggota koalisi,” kata pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam, Rabu (27/9).

Saat ini ada beberapa purnawirawan TNI/Polri ikut meramaikan bursa Pilgub Jatim 2018. Mereka adalah Mayjen TNI (purn) Istu Hari Subagijo mantan Pangdam I Bukit Barisan dan Kombes Pol Syafiin (Gus Syaf). Keduanya sudah mendaftar secara resmi ke partai politik.

Di luar dua nama itu, ada dua mantan jenderal yang saat ini memimpin partai politik, mereka adalah Irjen Pol (purn) Anton Setiadji sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Jatim dan Irjen Pol (purn) Hadiatmoko sebagai Ketua DPP PKPI Jatim. Keduanya juga mantan mantan Kapolda Jatim.

“Saya kira nama Hadiatmoko dan Anton Setiadji juga punya peluang, paling tidak di level Cawagub,” urai peneliti Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Cagub Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video