Ada Arca Dwarapala Peninggalan Kerajaan Kediri di Desa Adan-adan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ada Arca Dwarapala Peninggalan Kerajaan Kediri di Desa Adan-adan

Editor: Ibnu Rusdi
Wartawan: Arif Kurniawan
Kamis, 28 September 2017 22:03 WIB

Arca Dwarapala saat ditemukan oleh tim pusat penelitian arkelogi nasional dan saat ini masih dilakukan pembersihan. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim pusat penelitian arkeologi nasional, menemukan benda purbakala Arca Dwarapala, di area Candi Gempur Desa Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Penemuan itu terjadi saat eskavasi yang sudah berlangsung beberapa hari terakhir.

Arca dari batu adesit ini, berada kedalaman 80 centimeter dari permukaan tanah kebun durian milik warga. Patung itu memiliki ketinggian 180 centimeter yang menggambarkan penjaga sebuah bangunan suci, atau pintu masuk menuju candi.

Sukmawawi, Ketua Tim Puslit Arkenas menyatakan, Arca Dwarapala yang ditemukan diperkirakan peninggalan Kerajaan Kediri yang sudah berusia sekitar 650 tahun. “Kami melakukan penggalian beberapa titik di sekitarnya. Berada pada jarak kurang lebih 10 meter ke arah selatan arca, kami temukan Lapik. Yaitu, sebuah batu yang digunakan untuk meletakkan arca dewa,” katanya, Kamis (28/9).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   situs kediri

Berita Terkait

Bangsaonline Video