Dinkes Pacitan Mulai Lakukan Trauma Healing Terhadap Korban Bencana Alam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dinkes Pacitan Mulai Lakukan Trauma Healing Terhadap Korban Bencana Alam

Wartawan: Yuniardi Sutondo
Selasa, 05 Desember 2017 12:23 WIB

Bencana maha dahsyat di Pacitan menyisakan trauma mendalam bagi anak-anak. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Penanganan korban pasca ‎terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor di Pacitan, utamanya pemulihan trauma (trauma healing), mulai dilakukan jajaran terkait. Hal ini dilakukan agar masyarakat, khususnya anak-anak usia sekolah, tak mengalami gangguan psikis berkepanjangan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, dr Eko Budiono mengatakan bahwa upaya pemulihan trauma terhadap korban terdampak bencana sudah dilakukan sejak Minggu (3/12) kemarin. Namun sementara waktu, kegiatan trauma healing tersebut dilakukan secara mobile dengan mengunjungi pos-pos pengungsian, serta perumahan penduduk.

"Kita bekerjasama dengan sejumlah dokter ahli jiwa dari RS Saiful Anwar Malang dan RS dr Moewardi Solo. Kemarin upaya itu sudah dan tengah kami lakukan," bebernya, Selasa (5/12).

Eko mengungkapkan jika pemulihan kejiwaan terhadap korban bencana butuh waktu dan proses. Karena itu Dinkes sudah mengambil langkah dengan penanganan secara mobile dan statis.

"Kalau trauma healing statis, kita sudah bekerjasama dengan RSUD dr Darsono Pacitan. Pada prinsipnya, Dinkes akan menjangkau yang tidak terjangkau. Itu moto kami dalam melayani masyarakat," tegas dia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   bencana pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video