​Kepala Daerah Gabung Tim Pemenangan Berpotensi Dongkrak Suara | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Kepala Daerah Gabung Tim Pemenangan Berpotensi Dongkrak Suara

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Kamis, 20 September 2018 23:25 WIB

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Mochtar W Oetomo menilai banyaknya kepala daerah yang masuk menjadi Tim Kampanye Daerah Joko Widodo-Ma'ruf Amin bernilai positif. Mereka bisa menjadi modal untuk menarik dukungan dan mendongkrak suara di Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Soal banyaknya kepala daerah yang masuk timses Jokowi di Jatim, secara elektoral kepala daerah jelas memiliki kekuatan mobilisator. dia bisa memobilisasi elemen-elemen yang ada di tengah masyarakat, bahkan mungkin juga memiliki kekuatan mobilisasi dana karena pengaruh politik yang dimilikinya," kata Mochtar, Kamis (20/9).

Meski demikian, CEO Surabaya Survey Center (SSC) ini menilai hal tersebut bukan jaminan untuk menang di Pilpres mendatang. Pasalnya, kemenangan pasangan Calon Presiden ditentukan oleh figur yang dicalonkan.

"Tapi perlu diingat, Pilpres bukanlah pertarungan parpol dan juga bukan pertarungan pejabat publik. Pilpres adalah pertarungan figur dimana kekuatan narasi yang ada pada masing-masing paslon jauh lebih berpengaruh secara elektoral dibanding kekuatan yang lain," tambahnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video