Makin Terbukti, Jusuf Kalla Kuasai Jokowi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Makin Terbukti, Jusuf Kalla Kuasai Jokowi

Kamis, 18 September 2014 12:05 WIB

Jusuf Kalla. Foto: janten.com

Postur kabinet -JK dengan 34 empat kursi menteri yang akan disediakan memang kian memperlihatkan betapa kuatnya dominasi JK pada .

Demikian disampaikan pengamat politik dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf (Kamis, 18/9).

"Tentu saja pengaruh ini juga akan berdampak pada nama-nama menteri yang akan duduk di kabinet. JK pasti pengaruhi ," ungkap Asep, yang juga gurubesar hukum tatanegara.

Bahkan, lanjut Asep, proporsi 16 menteri juga merupakan pengaruh JK. Di sisi ini, berdasarkan pengalaman, JK memang paham betul bahwa mau tak mau pemerintahan membutuhkan dukungan legislatif.

"Apalagi dalam politik, tidak ada makan siang gratis, meskipun mengatakan koalisi tanpa syarat," demikian Asep.

Sejumlah nama dari kalangan non-partai digadang-gadang bakal masuk kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Nama-nama ini diyakini bakal bersaing mengisi 18 kursi menteri dan jabatan setara menteri yang dijanjikan untuk kelompok profesional.

Dua nama yang mencuat adalah Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dan Direktur PT Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan. Menurut orang dalam Tim Transisi Pemerintahan , Anies diproyeksikan sebagai Sekretaris Kabinet. Adapun Jonan diplot sebagai Menteri Infrastruktur, yang melingkupi perhubungan, permukiman, dan pekerjaan umum.
Kaum profesional juga diproyeksikan mengisi kursi Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Tiga nama yang beredar adalah Rektor Universitas Gadjah Mada Pratikno, mantan Presiden Direktur PT IBM Indonesia Betti Alisjahbana, dan asisten ahli Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Yanuar Nugroho.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Rmol.com

 

sumber : Rmol.com

 Tag:   Jokowi

Berita Terkait

Bangsaonline Video