​Antisipasi Kekerasan Anak, Dinsos Pasuruan Gelar Penyuluhuan di Sekolah | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Antisipasi Kekerasan Anak, Dinsos Pasuruan Gelar Penyuluhan di Sekolah

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Selasa, 30 Oktober 2018 21:09 WIB

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Akhir-akhir ini sering ramai di media massa bahwa kasus kekerasan terhadap anak kian meningkat, khususnya kasus pelecehan seksual. 

Dengan itu Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan menggelar penyuluhan ke sekolah-sekolah untuk memberikan wejangan kepada anak didik di Pasuruan. Giliran penyuluhan ini diadakan di Madrasah Aliyah Yayasan Siti Fatimah Nogosari, Pandaan, Pasuruan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Mahmuda Nur Qomariya. Dia menjelaskan, kedatangannya di Yayasan Panti Asuhan tersebut dalam rangka kegiatan Sakti Peksos Satuan Bakti Pekerja Sosial yang diprogramkan langsung oleh Kementerian Sosial satu tahun sekali.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan penyuluhan terhadap anak didik, supaya mampu mengendalikan dirinya dan antisipasi terhadap kasus kekerasan anak.

Nur, sapaan akrab Kabid tersebut memaparkan, ada tiga faktor yang mendukung kebaikan pendidikan anak tersebut. Antaranya faktor keluarga, lingkungan, dan Guru. Dia berharap supaya wali murid dan guru untuk selalu koordinasi tentang kondisi perkembangan pendidikan anak, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Nur mengungkapkan, kasus kekerasan terhadap anak disebabkan oleh pergaulan tanpa batas. Artinya, anak ikut-ikutan temannya berbuat negatif, orang tua tidak membatasi anak pegang HP, dan orang tua juga kebiasaan memfasilitasi sepeda motor kepada anak yang masih belum cukup umur. Hal demikian tersebut merupakan dampak dari timbulnya kasus kekerasan anak.

"Karena menurut dia adanya pembegalan, adanya kasus asusila dan adanya sikap trauma terhadap anak disebabkan tiga aspek tersebut," jelasnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Dinsos Pasuruan

Berita Terkait

Bangsaonline Video