AKD Gresik Bentuk Tim Pengawal Pembebasan Banjir Kali Lamong | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

AKD Gresik Bentuk Tim Pengawal Pembebasan Banjir Kali Lamong

Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Syuhud
Rabu, 18 Desember 2019 09:55 WIB

Ketua AKD Gresik Nurul Yatim bersama para kades usai pembentukan tim pengawal pembebasan banjir Kali Lamong. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik, Nurul Yatim mengambil sikap konkret sebagai tindaklanjut dialog publik yang digelar DPRD Gresik dengan tema, "Tuntaskan Kali Lamong dan Normalisasi Total" pada 5 Desember lalu. AKD telah membuat Tim Pengamanan dan Pembebasan Banjir Kali Lamong.

"Kami sudah sepakat, sebagai Ketua Tim H. Rozi, Kepala Desa (Kades) Munggugianti, Benjeng," ujar Nurul Yatim kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (18/12).

Menurut Yatim, tugas tim tersebut nantinya mengawal segala kebutuhan yang diperlukan untuk pembebasan Kali Lamong dari banjir. Mulai kebutuhan lahan untuk normalisasi, anggaran yang dibutuhkan, dan perangkat lain.

"Soal lahan yang dibutuhkan semua Kades yang wilayahnya dialiri Kali Lamong siap membantu pembebasan lahan yang dibutuhkan. Kami pastikan tak ada tengkulak atau spekulan pengadaan lahan," ungkap Kades Baron Kecamatan Dukun ini.

Yatim mengungkapkan, dari hasil dialog publik terungkap bahwa lahan yang dibutuhkan untuk normalisasi total sekira 140 hektare. Kemudian, anggaran yang dibutuhkan dari APBD Gresik untuk pembiayaan pengadaan lahan sekira 218 miliar. Sedangkan, dana APBN sekira Rp 1,1 triliun.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video