Jelang MEA, Produk Mamin UMKM Jatim Siap Menyerbu Pasar Bebas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jelang MEA, Produk Mamin UMKM Jatim Siap Menyerbu Pasar Bebas

Editor: Revol
Wartawan: Yuli Iksanti
Senin, 02 Maret 2015 22:41 WIB

SURABAYA (BangsaOnline) - Dalam sosialisasi yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, kemarin (2/3) Drs.M. Zainal Arief, MM selaku Sekretaris Dinas Koperasi Prov. Jatim menyatakan Kebijakan tentang UKM ini akan membuat para UMKM dapat meningkatkan kualitas produknya agar siap menyerbu pangsa pasar bebas menyongsong MEA tahun 2015.

Arief menyampaikan perlunya strategi khusus untuk mendorong dan mendampingi para UKM untuk terus maju dan dapat menguasai pasaran dalam negeri sehingga masyarakat dalam negeri lebih mencintai produk-produk makanan dan minuman hasil produksi UKM yang aman dikonsumsi bagi masyarakat dan dijamin halal mengingat mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim.

”Sehingga label halal amat sangat berpengaruh terhadap produk-produk UKM utamanya makanan dan minuman, disamping itu mendorong produk UKM tersebut diekspor ke manca negara di 10 negara Asean yang melaksanakan MoU terkait AEC (Asean Economic Community) atau MEA ini,” terang Arief.

Dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang tinggi sebesar 6,17% lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 5,17%, maka sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur adalah sektor Koperasi dan UMKM sangat perlu mensosialisasikan kebijakan pemerintah dalam menyongsong MEA tahun 2015.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video