Tingkatkan Produktivitas, Bupati Lamongan Tawarkan Demplot dan Varietas Bibit Unggul ke Petani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Produktivitas, Bupati Lamongan Tawarkan Demplot dan Varietas Bibit Unggul ke Petani

Editor: Revol
Wartawan: Haris
Senin, 23 Maret 2015 16:40 WIB

Bupati Fadeli bersama kelompok tani lakukan panen di Jotosanur Tikung. foto: Haris/BangsaOnline.com

LAMONGAN (BangsaOnline) - Pembuatan demplot komoditas padi oleh pemerintah daerah terbukti mampu meningkatkan produktivitas hingga diatas 8 ton per hektar. Meski sudah ada contoh melalui demplot, petani nampaknya masih enggan menerapkan pola tanam dan perlakuan seperti dalam demplot.

Fakta itulah yang membuat Bupati Fadeli memperluas pembuatan demplot, namun dengan skala rakyat. Bagi petani yang tertarik membuka demplot sendiri, akan mendapatkan bantuan bibit unggul. Dengan syarat petani harus mau menerapkan semua petunjuk dari penyuluh pertanian.

Itu disampaikan Fadeli kala berdialog dengan petani dari Desa Durikulon Kecamatan Maduran, Mundakir, seusai panen padi varietas IPB 3S dan 4S di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Senin (23/3).

"Saya tawarkan untuk membuka lahan demplot kepada semua petani yang mau. Nanti akan kami bantu dengan bibit unggul," ujarnya menanggapi pernyataan Mundakir yang menyebutkan produksi sawahnya hanya mencapai 6 ton per hektar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pertanian

Berita Terkait

Bangsaonline Video