Bertemu Gubernur, Bupati Kediri Laporkan Rencana Pembangunan Jalan dan Varietas Nanas Unggulan

Bertemu Gubernur, Bupati Kediri Laporkan Rencana Pembangunan Jalan dan Varietas Nanas Unggulan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat berbincang dengan Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Infrastruktur jalan yang menjadi penghubung wilayah utara Kabupaten bakal menjadi sasaran pembangunan tahun ini. Program ini disampaikan Bupati kepada Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa saat bertemu di Pondok Pesantren Queen Al Falah Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten , Minggu (30/1/2022).

Peningkatan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah merupakan salah satu progran prioritas Bupati . Apalagi, dengan dibangunnya bandara di Kabupaten , peningkatan infrastruktur jalan ini terus digenjot.

"Pembahasan dengan Bu Gubernur kemarin itu terkait dengan konektivitas antar wilayah, saya sampaikan terkait pembangunan tol dan persiapan perbaikan jalan nasional," kata Dhito, sapaan karib Bupati , Senin (31/1/2022).

Dijelaskannya, jalan nasional yang bakal dilakukan perbaikan yakni jalan Mengkreng dari Purwoasri, Papar, dan Gampengrejo. Selain jalan nasional itu, jalan-jalan kabupaten menjadi prioritas pembangunan, di antaranya di wilayah barat yang dekat dengan lokasi bandara.

"Selain infrastruktur saya juga melaporkan masalah agropolitan yakni di lereng Kelud," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, ada empat varietas yang ada di Kabupaten , yakni queens, simplek, smooth cayenne, dan PK-1. Varietas PK-1 ini merupakan varietas unggul nasional milik Kabupaten .

Adapun cirinya ukuran lingkar buah atas dan bawah hampir sama (simetris), rasa manis asam. Kemudian mata buah lebar dan tidak ke dalam sehingga untuk konsumsi buah lebih mudah tinggal dibelah, tidak harus mengupas mata buahnya.

"Nanas varietas PK-1 ini akan dikembangkan di Kelud, Ngancar," bebernya.

Untuk melihat varietas PK-1 yang menjadi varietas unggul nasional milik Kabupaten itu, rencananya Gubernur Indar Parawansa akan datang ke Kecamatan Ngancar pada bulan Februari. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO