Butet Baru Sadar Mukjizat Ada, Honor Marwoto Kalah Mahal dengan Cak Lontong

Butet Baru Sadar Mukjizat Ada, Honor Marwoto Kalah Mahal dengan Cak Lontong Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.comMagnet masih sangat kuat. Di dunia . Kali ini ia tampil kembali. Pasca sakit yang cukup lama. Dua tahun.

Uniknya, dalam pementasan Tabib Suci, salah satu adegannya hanya lewat. Tapi, kata Marwoto, bayarannya paling mahal.

O ya? Simak tulisan wartawan kawakan, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA dan BANGSONLINE.com hari ini, Kamis 24 Februari 2022. Selamat membaca:

"Mukjizat itu saya kira fiksi. Ternyata benar-benar ada," ujar .

Saya sempat ngobrol dengan raja monolog Indonesia itu sebentar. Di ruang belakang panggung pementasan Tabib Suci. Minggu (20/2) sore lalu. Di Taman Budaya Yogyakarta.

Butet merasa seperti mendapat mukjizat bisa naik panggung lagi. Padahal selama dua tahun ia didera sakit seperti tak tersembuhkan.

Waktu saya menengoknya enam bulan lalu ia masih terbaring di tempat tidur: tidak bisa duduk –apalagi berdiri. Syaraf tulang belakangnya bermasalah sangat serius. Sampai infeksi –yang bisa mengancam otak.

"Masih harus pakai tongkat?" tanya saya. Ia memang bertongkat ketika berjalan menghampiri saya.

"Sebenarnya tidak juga. Tapi saya merasa lebih aman pakai tongkat," jawabnya.

Di belakang panggung itulah para pelaku Tabib Suci berhias dan menata diri. Di situ ada Cak Lontong, pelawak intelektual yang mahal itu. Juga ada Inayah, putri Gus Dur yang memerankan istri penjual cilok kelas gerobak dorong –makanan kecil asli sunda yang terbuat dari tepung digoreng.

Tentu ada Marwoto –yang selalu heran mengapa lawakannya tidak kalah lucu dari Cak Lontong tapi tarifnya kalah jauh.

Di situ saya juga kangen-kangenan dengan Mucle, si pendorong cilok –yang dulu jadi pemeran guru olahraga di film Sepatu Dahlan.

Mereka repot sekali –menata diri. Maka di belakang panggung itu saya lebih lama ngobrol dengan dokter yang menangani Butet.

"Bener nih, dokter sudah membolehkan Butet naik panggung?" tanya saya.

"Boleh. Boleh," jawabnya.

Itulah dokter Ryu. Ia ahli bedah saraf (Sydney) yang mendalami neuro science (Tokyo). Ia sendiri dokter lulusan Unair yang sejak 1989 bekerja di satu lembaga internasional di Jepang.

Suatu saat Butet kirim WA ke Jepang. Disertai foto punggungnya yang berair. Ryu kaget melihat foto itu. "Itu bukan air. Itu nanah. Berarti ada infeksi berat. Bahaya. Bisa menjalar ke otak," jawab Ryu.

Butet pun ia paksa ke Jakarta. Ryu sendiri akan terbang dari Tokyo ke Jakarta pada jam yang sama.

Dengan menahan rasa sakit Butet diberangkatkan ke Jakarta. Naik mobil. Anaknya yang mengemudikan vellfire itu. Butet duduk setengah berbaring di kursi tengah bersama Ruli, sang istri.

Dokter Ryu juga tiba di Jakarta tepat waktu.

Ryu memang dipercaya untuk memimpin Neuro Center di RS Mayapada Jakarta. Pun di masa pandemi, ia tidak sulit mondar-mandir Tokyo-Jakarta: ia punya paspor WHO.

Butet memang "residivis" untuk masalah kesehatan. Ia mengidap diabetes yang berat. Sudah pula merembet ke jantungnya. Ia sudah kena serangan jantung beberapa kali –termasuk ketika di belakang panggung, di sela-sela adegan pentas di Jakarta.

Tapi bukan diabetes itu yang menyebabkan infeksi di saraf tulang belakang. Hanya saja gula darahnya yang tinggi membuat infeksi itu sulit sembuh. Lalu sampai bernanah.

Dokter Ryu memang fans Butet sejak mahasiswa. Ketika lagi tugas perdana di Kaltim ia terbang ke Surabaya hanya untuk menonton Butet. Arif Afandi dan saya yang mendatangkan Butet kala itu untuk lakon Demit. Ryu sendiri yang menceritakan kenangan yang sudah begitu lama. Dulu, Ryu juga berkali-kali ke Jogja hanya untuk menonton Butet.

Nama lengkap dokter itu: Roslan Yusni Hasan. Disingkat Ryu. Ia cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Hasbullah –tokoh yang melahirkan kata-kata minal aidin wal faizin. Sebagai cucu kiai besar pondok Tambak Beras, Jombang, ia fasih berbahasa Arab. Itulah bahasa pertamanya. Masa kecilnya hidup di Riyad, Arab Saudi. Ayahnya, Hasan Wahab, bertugas sebagai atase di kedutaan Riyad.

Lalu ia ikut pindah ke negara Arab lainnya: Iraq. Di Baghdad ia punya guru orang Parsi. Itu membuatnya fasih berbahasa Parsi. Lalu ia ikut orang tua ke Lebanon. Ryu pun mempelajari bahasa Hebrew yang lebih banyak dipakai di Israel. Tentu ia juga berbahasa Inggris. Dan Jepang. Sudah lebih 20 tahun ia tinggal di Jepang.

"Setelah Arab, Parsi, dan Hebrew barulah saya bisa bahasa Jawa," ujarnya.

Ryu bercerita, masa kecilnya sangat sulit: selalu dimarah-marahi lingkungannya. Apalagi ketika SMP di Malang, gurunya terus marah padanya. "Saya memang anak autis," katanya. "Saya dianggap tidak punya sopan santun dan tidak punya tenggang rasa. Kalau bicara apa adanya. Apa pun yang ingin saya katakan langsung saya ucapkan. Sering menyakitkan orang lain," kata Ryu.

"Kapan Anda berubah menjadi ''dewasa'' normal?" tanya saya.

"Setelah saya mempelajari neuro science. Saya jadi tahu cara kerja saraf di otak," katanya.

"Hah?"

"Tidak mengatakan semua yang ingin dikatakan, itu adalah yang melahirkan kerja sama," katanya.

Wow.

Dengan menyimpan sebagian yang ingin dikatakan membuat orang lain bisa menerimanya. Lalu terjadilah kerja sama.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO